Sekoci.net – Sejak kehadiran pertamanya pada 2015 silam, Prambanan Jazz Festival menorehkan kesan mendalam di hati para pecinta musik Indonesia berkat kolaborasi dua mahakarya dunia. Masih segar di kepala kala itu Candi Prambanan sebagai World Heritage sukses menjadi panggung bagi musisi legendaris dunia Kenny G menyuguhkan pertunjukan spektakuler.

Selepas Kenny G gelaran musik internasional ini juga sempat memboyong Rick Price, Sarah Brightman, Boyz II Men, Boyzone, dan Diana Krall yang merupakan para legenda musisi dunia. Dikenal sering mendatangkan musisi-musisi “lawas”, Prambanan Jazz Festival 2019 yang berlangsung pada 5 – 7 Juli justru tampil berbeda.

Anomali ini disuguhkan pada hari pertama dengan sajian menarik yang diperuntukkan bagi generasi masa kini yaitu Panggung Millenial. Konser yang berlangsung di Panggung Hanoman, Candi Prambanan, Yogyakarta ini menghadirkan penyanyi-penyanyi muda yaitu PJF Project, Hanin Dhiya, Sisitipsi, Jogja Hip Hop Project, Alex Mercado, Galabby, Ardhito Pramono, Tashoora, Calvin Jeremy, Danilla, GAC, dan Calum Scott.

Dibuka pukul 13.00 WIB, penonton mulai mengalir memasuki kawasan Wisata Candi Prambanan. Semakin sore pengunjung yang rata-rata anak muda ini semakin memadati area panggung. Berlangsung hanya di area Festival Show, Prambanan Jazz 2019 hari pertama dibuka oleh PJF Project dan dilanjutkan dengan penampilan Hanin Dhiya dan Sisitipsi. Sedangkan Jogja Hip Hop Foundation dengan versi Jazznya tampil sebagai tuan rumah dan dilanjutkan dengan musisi asal Meksiko, Alex Mercado.

CEO Rajawali Indonesia Communication, Anas S Alimi mengatakan hari pertama memang sengaja menghadirkan artis-artis milenial sebagai upaya untuk menarik antusiasme penonton muda. Cara ini dilakukan sekaligus untuk mengenalkan warisan budaya kepada milenial dan generasi Z.

Meski malam semakin larut para anak muda ini tidak beranjak sedikit pun dari sekitar panggung. Pasalnya Calum Scott yang menjadi magnet utama konser hari pertama ini baru manggung pukul 23.00 WIB. Penyanyi asal Inggris ini tentu saja sukses membius penonton dan berhasil menciptakan alunan koor penontong yang membahana.

Kurang lebih 15 lagu dilantunkan penyanyi jebolan British’s Got Talent ini, diantaranya Only Human, Come Back Home, If Our Love is Wrong, Only You, What I Miss Most, Give Me Something, dan Dancing On My Own. Tentu saja lagu andalannya yang menjadi hits dunia, You Are The Reason, menjadi puncak pertunjukan dan sukses membuat penonton terlena.

Setelah suskes di hari pertama dengan para milenial, Prambanan Jazz Festival tetap menyuguhkan legenda-legenda musisi dunia dan Indonesia. Beberapa nama besar tersebut akan tampil di hari kedua dan ketiga diantaranya adalah Yanni, Brian McKnight 4, dan Anggun.

Facebook Comments