Sekoci.net – Gerakan masyarakat Alumni Jogja SATUkan Indonesia akan menyelenggarakan deklarasi mendukung calon presiden Jokowi-Ma’aruf pada Sabtu, 23 Maret 2019 di Stadion Kridosono, Yogyakarta. Acara tersebut akan dihadiri langsung oleh Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi dijadwalkan hadir dengan mengendarai sepeda onthel bersama dengan ratusan komunitas sepeda onthel dari Stasiun Lempuyangan menuju Stadion Kridosono. Calon presiden nomor urut satu ini akan disambut oleh 50 rangkaian kesatuan bregodo seni keprajuritan rakyat, reog, dan 100 kuda lumping.

Pendekatan seni dan budaya akan sangan kental dalam deklarasi bertema “Mendukung Pemimpin yang Mempersatukan” ini. Alumni Jogja sendiri merupakan warga masyarakat yang sedang atau pernah merasakan dinamika di Yogyakarta. Ketua panitia Alumni Jogja SATUkan Indonesia, Ajar Budi Kuncoro, mengatakan istilah Alumni Jogja tidak hanya merujuk pada konteks akademis. Yang dapat mengikuti perhelatan ini adalah semua lapisan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya, atau kawasan lain yang sedang atau pernah memiliki persentuhan dengan Yogyakarta karena faktor pendidikan, domisili, perkawinan, urusan pekerjaan, dan berbagai alasan lain.

Budi Kuncoro menjelaskan Jogja merupakan representasi dari Indonesia Mini yang mampu mengakomodasi semua kalangan. Pemuda-pemudi dari Sabang sampai Merauke menempuh pendidikan, mengasah intelektualitas, dan integritas di kota ini. Yogyakarta adalah oase bagi kehidupan yang beragam, bhineka tetapi tetap satu dalam ikatan kebangsaan.

Acara deklarasi dukungan tersebut diperkirakan dihadiri oleh 30-an ribu orang dan akan dimeriahkan dengan flashmob Goyang Jempol karya Juki Kill the DJ, Orkestra Gamelan Djaduk Ferianto, musisi Sri Krishna, Band Legendaris God Bless, dan NDX A.K.A Familia. Deklarasi dukungan akan disampaikan oleh aktor kawakan Slamet Raharjo dan Butet Kertarajasa dan dilanjutkan dengan pidato puncak oleh Joko Widodo.

Facebook Comments