jq5MOS_xZyY

Yogyakarta – Ribuan bakpia direbutkan oleh masyarakat dan wisatawan pada acara Grebeg Bakpia di Pathuk, Ngampilan, Yogyakarta, Sabtu (20/10/2018). Acara tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk mempromosikan kawasan wisata oleh-oleh di Yogyakarta.

Pathuk sendiri merupakan wilayah di Yogyakarta yang terkenal sebagai sentra pembuatan bakpia. Beragam jenis bakpia mulai dari home industry hingga pabrik bakpia berada di kawasan tersebut. Bakpia Pathuk pun telah melegenda menjadi buah tangan wajib yang harus dibawa oleh pelancong yang singgah di Yogyakarta.

Masyarakat Pathuk sebagian besar mengandalkan bakpia sebagai sumber kehidupannya. Sehingga lahirlah tradisi grebeg bakpia sebagai peneguh Pathuk adalah kampung bakpia.

Yang menarik dari grebeg kali ini adalah antusiasme generasi muda yang cukup tinggi. Tradisi ingin yang identik dengan kesan kuno ternyata juga diminati oleh anak-anak muda. Tidak sedikit pengunjung dari kalangan milenial yang hadir dan turut memperebutkan bakpia. Sebanyak lima gunungan bakpia dikirab dari lokasi pembuatan menuju panggung utama.

Pada acara tersebut dihadiri pula oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heru Poerwadi, yang senantiasa mendukung pelestarian tradisi leluhur.

Facebook Comments