Sekoci.net – Karya seni terus berkembang seiring zaman, karya seni tidak lagi didominasi oleh lukis, music, dan tari. Dalam 10 tahun terakhir ini telah berkembang video and art light yang menjadi bentuk karya seni baru di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya video mapping yang kini memiliki ruang tersendiri di benak masyarakat. Sebagai sebuah karya yang memikat video mapping bukan sekedar penciptaan video, namun di dalamnya terdapat ilustrasi musik, 3D desain, arsitektural, script writing dan masih banyak komponen yang dimasukkan oleh para seniman.

Festival Video Mapping akan kembali diselenggarakan di Indonesia. Sebuah perayaan cahaya dengan judul SUMONAR ini akan hadir di Yogyakarta pada 26 Juli hingga 5 Agustus 2019 mendatang dengan tajuk “My Place, My Time”.

SUMONAR adalah nama baru bagi Jogjakarta Video Mapping Festival (JVMP) yang digelar pertama kali pada tahun 2018. Festival Director SUMONAR, Ari Wulu menjelaskan, SUMONAR merupakan penggabungan dari dua kata, yaitu Sumon dan Sumunar. Sumon sendiri memiliki arti mengumpulkan, sementara Sumunar memiliki makna bercahaya.

Perubahan nama tersebut bertujuan untuk menjelaskan identitas dari festival ini kepada masyarakat Indonesia maupun dunia. Selain itu SUMONAR sendiri adalah upaya untuk menjawab kegelisahan manusia atas ruang kota yang dihuninya melalui pertunjukan video dan instalasi seni yang interaktif.

“Dengan pergantian nama menjadi SUMONAR bisa membuat festival ini menjadi festival video mapping pertama di Indonesia yang berskala internasional,” tutur Ari.

Selama 11 hari digelar tidak hanya seniman-seniman asal Indonesia saja yang akan menyuguhkan karya dalam bentuk pertunjukan video maupun instalasi. Ada beberapa seniman asal Makau dan Filipina yang siap berkontribusi dalam festival ini.

Untuk dapat menyaksikan festival ini, masyarakat dapat mendatangi beberapa titik lokasi yang akan menjadi media video mapping SUMONAR, diantaranya adalah Museum Bank Indonesia, Kantor Pos Besar Yogyakarta, Kawasan Nol Kilometer Yogyakarta, dan Loop Station Yogyakarta.

Berikut jadwal kegiatan SUMONAR

PROGRAM ACARA :

  1. Tgl 26 Juli 2019, pukul 19.30 – 20.00 WIB : Opening Ceremoy SUMONAR – Pertunjukan Video Mapping di Gedung Museum Bank Indonesia, sekaligus pembukaan pameran video mapping dan media interaktif di Loop Station dan Kawasan Nol Km.
  2. Tgl 26 Juli – 5 Agustus 2019, pukul 10.00 – 21.00 WIB : SUMONAR Exhibition – Pameran seni video mapping dan media interaktif di Loop Station dan Kawasan Nol KM.
  3. Tgl 1 Agustus 2019, pukul 19.30 – 22.00 WIB : Video Mapping Show – Pertunjukan video mapping di Gedung Museum Bank Indonesia dan bangunan Kantor Pos Besar Yogyakarta.
  4. Tgl 4 Agustus 2019, pukul 15.00 – 17.00 WIB : Creative Sharing oleh Ican Agoesdjam di Loop Station (gratis dengan mendaftar).
  5. Tgl 5 Agustus 2019, pukul 19.30 – 22.00 WIB : Closing Ceremony SUMONAR – Pertunjukan video mapping di Gedung Museum Bank Indonesia dan bangunan Kantor Pos Besar Yogyakarta oleh featured artist untuk menutup rangkaian SUMONAR – My Place, My Time.

(acara dapat berubah sewaktu-waktu)/red

Facebook Comments