GUrULhm0as8

Yogyakarta – Sebuah wahana edukasi hadir di Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark, Sleman, Yogyakarta. Sebuah museum dengan konsep edutainment yang mengusung tema ‘Water for Life’ ini menjadi satu-satunya museum yang mengulas tentang pentingnya air bagi kehidupan. Dibuka pada 13 Oktober 2018, Museum Air ‘Water for Life’ ini menjadi satu-satunya museum air di Indonesia.

Menjelajahi museum ini pengunjung akan diajak untuk memahami asal muasal, siklus, konservasi, tata kelola, dan pentingnya unsur air. Salah satu keunikannya adalah pengunjung dapat melakukan percobaan-percobaan di laboratorium dengan mengenakan setelan jas laboratorium.

Terbagi dalam empat zona, museum ini menyajikan informasi dalam bentuk display, water table interactive, classroom, video mapping, dan virtual reality. Dalam zona tersebut terdapat sembilan ruangan tematik yang dapat digunakan pengunjung untuk belajar mengenal tentang air lebih dekat.

Di dalam museum ini juga diselipkan sejarah mengenai “Selokan Mataram” yang dibangun pada masa 1942. Pembangunan selokan yang membelah Kota Yogyakarta ini merupakan kecerdikan Sultan untuk menghindarkan masyarakat Yogyakarta dari perbudakan romusha Jepang.

Facebook Comments