Sekoci.net – Cipta, rasa, karsa tampak dari sebuah perhelatan musik yang bernama Balkonjazz. Sajian ini mengajak kita menikmati konser dengan seluruh indra kita. Festival yang digelar pada 14 September 2019 di Balkondes PT Telkom Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah ini menyajikan hamparan hijau bukit Menoreh dan juga hiasan stupa Candi Borobudur yang nampak dari kejauhan. Kenikmatan mata ini semakin sempurna tat kala jingga tergores di langit petang dan telinga menikmati alunan musik yang menentramkan.

Para musisi yang tampil dalam konser musik ini ialah Yura Yunita, Rio Febrian, Payung Teduh, Dialog Dini Hari, Langit Sore, Tashoora, Nosstress dan Frau. Balkonjazz merupakan proses kolaborasi antara musik dan budaya yang diharapkan  menjadi pemantik agar potensi ekonomi lokal lebih dikenal lagi oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Inisiator sekaligus Direktur Balkonjazz Festival, Bakkar Wibowo, mengatakan konsep besar yang dimiliki Balkondes adalah panorama alam yang indah yang dikolaborasikan dengan sajian musik memukau dari para musisi hebat Indonesia yang tak akan bisa didapatkan di tempat lain.

Balkonjazz Festival ini sendiri dipromotori oleh PT Manajemen CBT Nusantara (MCN) sebagai pihak yang menaungi Balkondes (Balai Ekonomi Desa), dan menggaet Sinergi Nusantara sebagai Event Consultant untuk penyelenggaraan festival ini. Direktur PT Manajemen CBT Nusantara (MCN), Jatmika Budi Santoso memaparkan, gelaran Balkonjazz Festival merupakan pesta perayaan hari jadi Balkondes kedua, yang mana di dalamnya terdapat sebuah sajian menarik yang disuguhkan secara khusus untuk masyarakat Indonesia.

Balkondes sendiri adalah salah satu program prestisius dari Kementrian BUMN, yang dibangun dengan tujuan untuk menumbuhkan perekonomian pedesaan melalui sektor pariwisata, yaitu melalui didirikannya balai ekonomi dan homestay yang dikelola secara langsung oleh masyarakat yang berada di sekitaran kawasan Candi Borobudur.

Balkondes Tuksongo yang dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Balkonjazz Festival ialah satu dari 20 Balkondes yang tersebar di beberapa titik di sekitar Candi Borobudur. Seperti yang diketahui oleh masyarakat Indonesia maupun dunia, Candi Borobudur sebagai World Heritage telah menjadi destinasi favorit yang dipilih banyak kalangan untuk melancongkan dirinya. Dalam perjalanannya selama ini, Balkondes selalu menjadi pilihan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan berbagai destinasi wisata yang tersebar di berbagai lokasi di seputaran Borobudur.

Balkonjazz festival bisa diakses secara gratis oleh masyarakat, namun pihak manajemen juga menawarkan beberapa fasilitas bernama VIP Package yang dibagi menjadi Silver dengan harga Rp 550.000, Gold Rp 850.000, Platinum Rp 1.300.000, Diamond Rp 1.500.000 maupun Group diharga Rp 2.400.000. Fasilitas yang akan didapatkan saat menggunakan VIP Package sendiri di antaranya seperti Balkondes Homestay, Balkonjazz VIP Spot Area, Balkonjazz Merchandise T-Shirt dan masih banyak lagi.

Facebook Comments