Sekoci.net – Perkembangan dunia fashion saat ini telah jauh meninggalkan aturan lamanya. Dengan berkembangnya berbagai platform media, industri fashion tidak lagi menyorot bentuk tubuh dan warna kulit tertentu. Adeline Kusuma Wardani, seorang desainer yang telah berkecimpung di dunia fashion sejak 2014 dengan gencar menyerukan “apapun bentuk tubuhmu dan apapun warna kulitmu – kamu bebas menentukan gaya fashion mu sendiri”.

Memasuki tahun 2019 Adeline yang juga seorang fashion influencer ini melakukan rebranding karyanya. Menggunakan label namanya sendiri Ia mengusung konsep outfit untuk plus size. Dengan target konsumen berbadan besar maka Ia mendesaign pakaian ready to wear dengan loose cutting. Selain itu ciri outfit Adeline adalah feminin minimalis dan simple chic.

Untuk mengenalkan produknya tersebut Adeline melakukan gelaran busana dengan tema “Let’s Talk About Our Body” di Tirana Art Kafe, Jalan Suryodiningratan, Yogyakarta Sabtu (19 Januari 2019). Gelaran busana tersebut menampilkan 10 outfit terbaru dari brand Adeline. Beberapa busana yang diperagakan terbilang cukup unik dengan menggunakan bahan kain sutra singkong.

Kain sutera singkong sendiri adalah kain yang diproses dari kepompong ulat sutra Samia Cynthia Rucini/Eri yang diberi makan daun singkong. Dan tidak seperti ulat sutra mori Bombix yang harus mati dalam proses pembuatan benang sutra, pupa di dalam kepompong sutera singkong dibiarkan hidup untuk tumbuh menjadi ngengat.

Kain yang diusung oleh Adeline ini memiliki tekstur yang sangat unik dengan slub atau tonjolan-tonjolan yang membuat kain tampak alami. Sutra singkong adalah 100% sutra dari ulat sutra Samia dan daun singkong. Semua benang ditenun sendiri oleh wanita desa dengan alat tradisional yang disebut Jantra.

Keunikan lain dari fashion show ini adalah para peraga busana bukanlah model profesional yang tinggi semampai. Peragaan busana dilakukan oleh orang-orang dari berbagai profesi baik itu pekerja, wirausahawan, dan ibu rumah tangga dengan berbagai bentuk tubuh dan warna kulit.

Sebagai fashion influencer Adeline ingin mengajak masyarakat untuk mulai mencintai dirinya dan tidak perlu minder untuk mengenakan busana apapun. Menurutnya sudah saatnya perempuan Indonesia bebas menentukan gaya busananya sendiri tanpa risau memikirkan bentuk tubuh dan warna kulitnya.

Facebook Comments