FFwFU1FywaA

Yogyakarta – Sirkus lumba-lumba tetap berlangsung pada Pasar Malam Perayaan Sekaten 2018 di Yogyakarta. Sebelumnya pertunjukan ini menuai protes dari kalangan aktivis hewan lantaran dianggap mengeksploitasi satwa liar dilindungi. Lumba-lumba merupakan satwa laut yang tidak semestinya digunakan untuk atraksi hiburan.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan penyelenggaraan sirkus lumba-lumba di Sekaten kali ini telah memenuhi prosedur perizinan, sehingga atraksi di Pasar Malam Perayaan Sekaten 2018 tetap berjalan. Heroe menambahkan penyelenggara atraksi lumba-lumba di Sekaten berasal dari lembaga konservasi Taman Impian Jaya Ancol yang memiliki legalitas untuk menyelenggarakan atraksi lumba-lumba.

Untuk memastikan atraksi berlangsung sesuai prosedur dan tidak membahayakan satwa, Ia telah memerintahkan BKSDA memantau perkembangan dan kesehatan lumba-lumba di area sirkus setiap hari. Penyelenggara juga harus memberikan kesempatan istirahat kepada lumba-lumba.

Heroe juga mengatakan tahun ini adalah tahun terakhir penyelenggaraan sirkus lumba-lumba. Tahun depan Ia memastikan tidak akan ada lagi pertunjukan yang melibatkan satwa liar di lindungi di Sekaten Yogyakarta.

Facebook Comments