5tPMdHG6nzs

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73, Kelompok Sadar Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran bersama dengan Dinas Pariwisata Gunungkidul menyelenggarakan pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa di Tebing Buchu, Kawasan Gunung Api Purba, Nglanggeran, Yogyakarta. Kain merah putih berukuran 42 x 28 meter dengan berat sekitar 2 kuintal tersebut dibentangkan di Tebing Gunung Buchu pada Senin, 13 Agustus 2018.

Persiapan pembentangan merah putih di tebing setinggi 250 meter ini telah dilakukan sejak 9 Agustus 2018 dengan melibatkan 73 orang sesuai angka HUT RI. Pasukan penggotong terdiri dari berbagai elemen yaitu TNI, Polisi, Warga Setempat, dan unsur lainnya sebagai simbol gotong royong. Sedangkan pembentangan bendera dilakukan oleh 15 orang dari tim Gorila Adventure.

Selain bendera raksasa kawasan wisata Gunung Api Purba juga penuhi dengan 130 bendera merah putih yang disediakan swadaya masyarakat dan komunitas yang hadir pada acara tersebut. Kegiatanini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan semakin mengenalkan Gunung Api Purba di kancah internasional.

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan salah satu kawasan Geopark Gunungsewu yang telah masuk dalam jajaran Global Geopark Network (GGN) bersanding dengan 120 geopark dari 33 negara.

Jurnalis Video : Wahyu Dwi
Editor : Vemelinda

Facebook Comments