Kegiatan Pramuka identik dengan aktivitas lapangan sehingga diperlukan pakaian yang nyaman dan dinamis guna mendukung setiap aktivitas. Identik dengan warna coklat muda dan coklat tua, seragam Pramuka kita mencerminkan perjuangan pahlawan pada masa revolusi merebut kemerdekaan Indonesia. Warna coklat muda juga melambangkan air yang mengaliri seluruh pelosok negeri dan coklat tua adalah warna tanah ibu pertiwi.

Jenis seragam Pramuka kita pun beragam mulai dari seragam harian yang digunakan untuk kegiatan kepramukaan harian dan menjadi pakaian utama, seragam lapangan untuk kegiatan di lapangan, dan seragam upacara untuk mengikuti Upacara Hari Proklamasi Kemerdekaan, Upacara Hari Pramuka, Upacara Pelantikan Pengurus/Mabi, Upacara Pembukaan dan Penutupan Kegiatan Nasional, ketika menghadiri upacara lain dimana TNI mengenakan Seragam PDU IV, dan acara resmi Kepramukaan di luar negeri.

Seragam Pramuka tersebut memiliki kelengkapan-kelengkapan yang harus dikenakan yaitu tutup kepala (baret), setangan leher, ikat pinggang, kaus kaki, sepatu, dan tanda pengenal gerakan pramuka.

Tetapi seragam Pramuka yang kita miliki boleh di bilang ketinggalan zaman. Model dan bahan yang kaku terasa kurang nyaman untuk berkegiatan di lapangan. Untuk itu perlu dilakukan inovasi seragam untuk menunjang kegiatan Praja Muda Karana kita. Berikut contoh seragam Pramuka (scout) dari beberapa negara yang bisa menjadi alternatif model seragam kita.

1. New Jersey

Menggunakan celana kargo dan sepatu gunung membuat seragam ini sangat nyaman untuk beraktivitas di lapangan. Selain itu pastinya terlihat lebih gagah dan keren.

2. Jerman

Pramuka tidak harus melulu formalkan. Padu padan dengan celana jins oke juga ya. Pramukakan isinya anak muda, jadi santai sedikit bolehkan.

3. Belgia

Topi bergaya fedora ini selain berfungsi menghalau terik matahari, bisa juga untuk bergaya. Bisa makin stylish dan keren kalau ikut pramuka.

4. Kroasia

Kalau lihat seragam ini langsung ingat Popey si Pelaut. Gaya angkatan laut boleh juga jadi pilihan seragam pramuka, tapi jangan lupa makan bayam ya.

5. Amerika

Kalau bosan dengan warna itu-itu saja, Amerika punya beberapa pilihan warna untuk seragam pramukanya lho. Semua dengan tampilan yang nyaman untuk anak-anak hingga dewasa. Jadi tidak malas lagi ikut pramuka karena alasan bajunya jadul.

Kalau kalian suka yang mana nih?

Facebook Comments