zuwXdITH_hA

Universitas Gadjah Mada (UGM) memutuskan untuk memberikan Anugerah Hamengku Buwono (HB) IX kepada Jusuf Kalla. Pemberian penghargaan itu diumumkan melalui Rapat Terbuka UGM pada puncak Lustrum ke-14 UGM di Grha Sabha Pramana UGM pada Kamis (19/12/2019).

UGM mengakui dan menjunjung tinggi jasa-jasa Sri Sultan Hamengku Buwono IX terhadap negara dan bangsa dalam rangka mendorong pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan, kemanusiaan, khususnya bagi pendirian, pembinaan, dan pengembangan Universitas Gadjah Mada. Figur

Anugerah HB IX diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah memberikan kontribusi nyata kepada bangsa Indonesia. UGM telah membuka kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengusulan nama bakal calon sejak September bulan lalu.

Saat ini negara dan bangsa memerlukan sosok atau figur yang memiliki sifat-sifat keteladanan Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang sederhana, dekat dengan rakyat, demokratis, berkharisma, dan rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Sifat-sifat tersebut dinilai dimiliki oleh Jusuf Kalla dalam menjalankan setiap tugas pengabdiannya sebagai negarawan.

Dalam orasinya di Pagelaran Kraton Yogyakarta pada malam harinya, Jusuf Kalla menyampaikan bahwa secara tidak sengaja Ia memiliki banyak kemiripan dengan Hamengku Buwono IX. Mulai dari jabatan sebagai Menteri, Menteri Koordinator, dan Wakil Presiden.

Facebook Comments