Bermanfaat
4.2Sangat membantu
Isi tulisan
Bahasa
Reader Rating 1 Vote

Setelah lulus kuliah, bekerja di tempat yang bergengsi tentu menjadi pilihan milenials saat ini. Terjun di dunia professional dan mendapatkan penghasilan sendiri siapa sih yang tidak mau. Tapi ada banyak perubahan yang perlu diperhatikan nih, seperti rutinitas yang bakal berubah, waktu senggang yang semakin sedikit, dan urusan keuangan yang harus diatur sendiri. Untuk membuat perubahan tersebut berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghadapi dunia kerja.

  1. Ciptakan semangat di pagi hari.

Mood kamu ketikabangun tidur akan mempengaruhi aktivitasmu sepanjang hari. Jadi mulailah dengan istirahat yang cukup dengan tidur lebih awal pada malam sebelumnya. Setel alarm di smartphone dan letakkan jauh dari jangkauan agar tidak mengganggu istirahatmu sekaligus akan membuatmu bangun dan berjalan untuk mematikan alarmnya. Mandi dengan air hangat juga bisa meningkatkan mood di pagi hari.

  1. Membeli pakaian kerja.

Mengenakan pakaian kerja yang baik akan meningkatkan rasa nyaman dan percaya diri. Baju-baju kerja professional memang mahal tapi kamu tidak perlu membelinya sekaligus. Mulailah membeli sepotong demi sepotong, pilih setelan dengan kualitas baik yang setidaknya dapat awet digunakan selama satu tahun.

  1. Rencanakan penggunaan waktu luangmu

Setelah terjun di dunia kerja kamu tidak akan memiliki waktu luang sebanyak saat kuliah. Rencanakan waktu luangmu untuk melakukan hal-hal yang kamu suka. Gunakan untuk melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan kualitas hidupmu seperti jalan-jalan, memasak, membaca buku-buku favorit, dan menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

  1. Jaga badan agar tetap bugar.

Kebugaran adalah kunci penting dari setiap kesuksesan. Kebugaran tidak hanya sebatas pada latihan fisik tetapi keseimbangan antara fisik, mental, dan spiritual yang baik. Perlakukanlah dengan baik tubuh, pikiran, dan jiwamu. Kebugaran diri adalah pondasi yang kuat untuk menciptakan kesuksesan. Salah satu cara meningkatkan kebugaran bisa dengan melakukan aktivitas ringan di alam seperti menyusuri pantai, menghirup udara pegunungan, atau sekedar massage sebulan sekali.

  1. Belajar mengelola uang dan menabung

Mulailah dengan membuat rencana dan target keuangan. Tanyakan pada diri sendiri apa yang ingin kamu dapatkan dalam jangka waktu sepuluh atau dua puluh tahun lagi, memiliki rumah dan mobil pribadi, atau ingin jalan-jalan ke luar negeri. Atur keuanganmu dengan membagi pos-pos tersendiri, mulailah menabung dan pastikan kamu memiliki dana darurat yang jumlahnya minimal 3x gaji sebulan. Yang paling penting bayar tagihanmu tepat waktu, jika kamu sering lupa membayar tagihan gunakanlah autopay sehingga kamu tidak perlu kena denda akibat tunggakkan.   

Hidup berjalan sangat cepat, nikmatilah setiap momen yang kamu miliki. Kamu tidak harus memiliki segalanya di kehidupan ini. Terkadang keindahan dalam hidup adalah mencari tahu kehidupan itu sendiri di sepanjang hidupmu. Kamu akan membuat kesalahan, tetapi akan belajar dari kesalahan itu dan tumbuh.

Facebook Comments