AW7szJuOSm4

Siapa yang tidak kenal dengan permen kapas atau arum manis. Jajanan yang identik dengan anak-anak ini menjadi salah satu ikon di setiap Pasar Malam Sekaten. Datang ke pasar malam tidak lengkap tanpa memboyong arum manis untuk dibawa pulang.

Tahun ini ada yang berbeda dengan arum manis di sekaten Yogyakarta. Permen kapas yang biasanya hanya dijual dalam bentuk gulungan kini hadir dengan berbagai karakter kartun atau boneka. Selain ukurannya yang jauh lebih besar, arum manis ini juga tampak menggemaskan dengan warna-warni yang cantik.

Pembuatan arum manis ini membutuhkan ketelatenan dan kreativitas untuk menghasilkan satu karakter. Bejo, Salah satu pembuat arum manis karakter mengatakan baru tahun mulai berjualan di sekaten Yogyakarta. Ia mengaku awalnya kesulitan untuk membentuk dan menemukan karakter-karakter unik di arum manisnya. Tetapi kini usahanya berbuah manis. Permen kapasnya yang dibandro pada kisaran harga 25 ribu rupiah terebut laris manis.

Beberapa karakter yang Ia buat diantaranya arum manis rainbow, minion, boneka, bebek, piggy, hello kitty, dan angry bird. Karakter tersulit yang Ia buat dan membutuhkan waktu paling lama adalah arum manis Angry Bird. Jika rata-rata satu permen kapas karakter Ia membutuhkan waktu membuat sekitar 5 menit, khusus Angry Bird bisa memakan waktu hingga 10 menit.

Facebook Comments