soBbXxTS_zY

Yogyakarta – Pertunjukan wayang identik dengan wayang kulit padahal Indonesia memiliki kekayaan lain yang tidak kalah menarik yaitu wayang suket. Wayang ini menggunakan medium rumput (dalam bahasa Jawa: suket) sebagai ganti kulit untuk membentuk ornamen tokoh-tokoh dalam wayang.

Wayang suket biasanya dibuat untuk permainan sekaligus penyampaian cerita wayang pada anak-anak, hal ini terkait dengan pembuatan wayang kulit yang cenderung mahal, wayang suket menjadi alternatif untuk bermain anak-anak di pedesaan Jawa.

Tampil pada penutupan Pasar Yakopan Minggu (30/09/2018), Gaga Rizky, pendalang sekaligus pembuat Wayang Suket, tidak ingin keberadaan wayang suket dilupakan. Lelaki yang membawakan lakon Timun Mas pada pentas malam tersebut ingin kembali mengenalkan wayang suket kepada masyarakat luas.

Mendalang selama satu jam di hadapan masyarakat Jogja dan wisatawan asing, pertunjukan Gaga mendapat apresiasi. Selain tampi l di Yogyakarta, lelaki tersebut juga pernah tampil di Solo, Surabaya, dan Tuban. Ia berharap bisa mengadakan tur yang bisa menjangkau masyarakat lebih jauh lagi.

Facebook Comments